Thursday, March 21, 2013

MANAJEMEN PERUSAHAAN HEWLETT - PACKARD (HP)

Strategi yang Digunakan HP :
1.      Strategi Diversifikasi
HP adalah sebuah teknologi perusahaan yang beroperasi di lebih dari 170 negara di seluruh dunia. HP memberikan bantuan berupa layanan yang dapat memberikan solusi atas masalah yang dihadapi masyarakat maupun perusahaan. Perusahaan ini menawarkan produk portofolio teknologi yang sangat lengkap. Belum ada perusahaan lain yang dapat menyaingi diversifikasi produk yang dimilik oleh HP.
Hewlett-Packard adalah sebuah perusahaan yang menyediakan berbagai produk, teknologi, perangkat lunak, solusi, dan layanan di seluruh dunia. Hp membagi layanannya menjadi 7 segmen industry, yaitu :
a)      Enterprise Storage and Services
b)      HP Services
c)      Software
d)      Personal System Group
e)      Imaging and Printing Group
f)      HP Financial Services
g)     Corporate Investment
2.      Strategi Integrasi Vertikal
Strategi integrasi vertikal (vertical integration strategies) merupakan strategi yang menghendaki perusahaan melakukan penguasaan yang lebih atas distributor, pemasok dan atau para pesaing baik melalui merjer, akuisisi, atau membuat perusahaan sendiri. Strategi integrasi yang digunakan perusahaan Hewlett-Packard adalah Integrasi ke belakang (Backward Integration) yaitu strategi untuk mencari kepemilikan atau meningkatkan kendali atas perusahaan pemasok. Hal ini dapat dilihat dari pemilihan pemasok tunggal untuk chip yang berasal dari korea.
3.      Strategi Intensif
Melalui strategi ini perusahaan  Hewlett-Packard berusaha untuk mengembangkan produk yang dihasilkan dengan sebaik mungkin. Kegiatan ini memerlukan usaha-usaha intensif karena posisi persaingan perusahaan dengan produk yang ada ingin ditingkatkan.
Output yang dapat dilihat dari strategi ini adalah dengan keluarnya produk HP yang memiliki kualitas yang bagus. Produk-produk tersebut diantaranya adalah:
1. HP Compaq tablet PC
2. HP Medial Center PC
3. HP Pavilion
4. HP Seri Compaq Presario
5. HP iPaq Pocket PC,dll.
Dengan strategi intensif yang digunakan, produk-produk yang dihasilkan tersebut akan mampu menghadapi persaingan dengan kompetitor yang lain.
 
 
Sumber : http://project-mog.blogspot.com/2012/06/pendahuluan-1.html

No comments:

Post a Comment