Thursday, April 4, 2013

Perusahaan dengan entry mode "Franchising"

 


PT. Kebab Turki Baba Rafi adalah perusahaan waralaba makanan Timur Tengah cepat saji yang sedang berkembang. Karena sistem usaha nya adalah waralaba, maka proses bisnis dari pusat harus berjalan dengan baik. Terutama yang berhubungan langsung dengan pelayanan terhadap pihak Franchisee. Tahun 2008, perusahaan ini sudah mulai Go Internasional. Dengan pertumbuhan yang cukup pesat, proses bisnis dalam perusahaan masih kurang efisien dan masih parsial. Karena dilakukan secara parsial, data-data administrasi tidak terintegrasi dengan baik, sehingga diperlukan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan informasi dari data-data tersebut.
Penulis akan melakukan improvement terhadap proses bisnis perusahaan dengan menggunakan metode Business Process Improvement. Sehingga efisiensi dari proses bisnis perusahaan dapat meningkat dan data-data administrasi perusahaan dapat terintegrasi dengan baik.
Salah satu hasil analisa dari proses bisnis existing adalah melakukan otomatisasi (tool dari streamlining BPI) dengan membangun suatu perangkat lunak “Sistem Informasi Kebab Turki Baba Rafi”.
Aplikasi Sistem Informasi Kebab Turki Baba Rafi, dapat meningkatkan efisiensi dari proses bisnis perusahaan sebesar 0,16 (dari 0,62 menjadi 0,78). Aktivitas bisnis pun berkurang sebanyak 13 aktivitas (dari 50 aktivitas menjadi 37 aktivitas). Selain itu, data-data administrasi perusahaan dapat terintegrasi. Sehingga tidak diperlukan waktu yang lama untuk mendapatkan suatu informasi.

No comments:

Post a Comment