Thursday, April 11, 2013

Strategi yang digunakan oleh PT. GRAMEDIA

PT.Gramedia adalah anak perusahaan dari kompas gramedia.Perusahaan ini didirikan pada  2 februari 1970 yang telah berkembang sampai tahun 2011 di perkirakan sudah lebih dari 50 toko gramedia yang telah tersebar di indonesia.Kemudian timbullah satu permasalahan yaitu, bagaimana cara PT.Gramedia dalam melakukan strategi pemasaran barang dan jasa terutama dalam bidang 3P(People,process,and physical evidence) sehingga membuat PT.Gramedia ini terus berkembang.
             People,  adalah mengenai orang yang berperan dalam suatu perusahaan PT.Gramedia sehingga perusahaan tersebut dapat berjalan dan berkembang, baik itu para dewan direksi, staff, maupun pegawainya. Orang yang memproduksi dan memasarkan suatu produk juga memiliki penilaian dimata konsumen.Seperti contoh: bagaimana pelayanan pegawai dalam melayani pelanggannya,hal ini juga sangat berpengaruh di mata konsumen .Sejauh ini tindakan yang sudah dilakukan PT.Gramedia sangat membuat nyaman pelanggan dalam mencari produk. Karena bukan hanya pelayanan pegawai saja tetapi pihak direksi dan staff juga membuat ide tentang produk . PT.Gramedia saat ini menawarkan produk  tidak hanya terbatas pada buku dan alat tulis,tapi juga peralatan kantor, kamus elektronik, DVD, alat olahraga, kamera, CD dan film, sampai alat music.
Process , adalah serangkaian tindakan atau metode – metode yang diperlukan PT.Gramedia untuk memberikan produk atau jasa dengan pelayanan yang terbaik kepada konsumennya. Suatu proses bisa berisi tentang metode atau prosedur yang diberlakukan untuk memperoleh produk yang dibutuhkan konsumen.Salah satu nilai diferensiasi yang di tawarkan oleh PT.Gramedia adalah adanya dukungan system teknologi informasi yang memberikan kemudahan untuk perusahaan dan konsumen.Bagi PT.Gramedia dalam penerapan system teknologi informasi ini akan memberikan gambaran tentang jumlah perputaran barang yang masuk dan keluar setiap saat. Sedangkan bagi konsumen dukungan system teknologi informasi ini memberikan kemudahan untuk mencari buku yang dicari.Sangat efektif dan efesien
Physical evidence, adalah hasil yang dapat dilihat secara nyata untuk mendukung penampilan suatu produk, sehingga memperlihatkan secara langsung kualitas produk serta pelayanan yang diberikan kepada konsumen.Dengan cara adanya menambah ide dengan menambah beberapa produk tambahan dan dukungan system teknologi informasi sudah membuat PT.Gramedia ini menjadi lebih menarik.Terutama dalam dukungan system teknologi informasi . Bagi perusahaan system teknologi informasi ini akan memberikan gambaran tentang jumlah perputaran barang yang masuk dan keluar setiap saat sehingga hal ini bisa membantu perusahaan menjaga ketersediaan barang dan mencegah kekosongan. Sedangkan bagi konsumen system teknologi informasi ini sangat efektif dan efesien.Karena hanya  dengan cara memasukan kata kunci yang berupa judul buku atau nama penerbit maka penjelajahan bisa dilakukan . Informasi itu pun lengkap dengan map , tempat rak buku itu di letakan.


No comments:

Post a Comment