Tuesday, April 30, 2013

PT. Sido Muncul



PT. Sido Muncul merupakan salah satu perusahaan jamu terbesar di Indonesia yang sudah dikenal luas oleh masyarakat menjual produk jamu olahan untuk kesehatan dengan menggunakan konsep tradisi, tradisional, teknologi, dan inovasi. Masyarakat Indonesia pada umumnya mengenal jamu sebagai media pengobatan khas Indonesia yang disajikan dalam bentuk minuman untuk mengatasi masalah kesehatan yang diolah dari tumbuhan herbal dan rasanya cenderung “aneh” bagi yang tidak biasa mengkonsumsinya. PT. Sido Muncul mengembangkan produk olahan jamu menjadi lebih praktis dan inovatif sesuai dengan budaya dan tradisi masyarakat di Indonesia.
Yang dilakukan PT. Sido Muncul dilingkungan bisnis. Produk yang dijual PT. Sido Muncul mendapatkan respon pasar yang positif oleh masyarakat, hal ini ditunjukkan dengan adanya kenaikan omset dan meningkatnya pangsa pasar yang terus dialami oleh PT. Sido Muncul. Oleh karena itu, perlu upaya untuk mempertahankan atau bahkan menaikkan penjualan dengan cara melakukan inovasi-inovasi produk baru yang diinginkan masyarakat dan juga kegiatan komunikasi baik internal maupun eksternal pada perusahaan. Kegiatan komunikasi internal PT. Sido Muncul berupa kegiatan employee relations yaitu kerjasama antara divisi PR dengan HRD dalam menampung aspirasi/keluhan karyawan yang yang selanjutnya akan disampaikan kepada pimpinan, sehingga komunikasi antara pimpinan dan karyawan tetap terjalin baik. Kegiatan komunikasi eksternal PT. Sido Muncul cukup banyak, antara lain: kerjasama ilmiah, kemitraan, kerjasama dengan pemerintah maupun dinas terkait, plan visit PT. Sido muncul, Kegiatan Sponsorship dan Charity Activity, Community Relations, customer relations, dan Sido Muncul award. Salah satu kegiatan komunikasi eksternal PT. Sido Muncul yang terbilang sukses dan diakui oleh masyarakat maupun pemerintah adalah kegiatan Corporate Social Responsibility melalui program (Mudik Gratis) bersama Sido Muncul. Kegiatan ini meurpukan kegiatan Corporate Social Responsibility yang berbentuk Charity (kedermawanan). Berbentuk Charity (kedermawanan) karena kegiatan ini sepenuhnya ditanggung oleh PT. Sido Muncul dan banyak lagi program CSR lainnya yang dilakukan untuk membentuk citra positif bagi perusahaan, membanggun kepercayaan publik terhadap produk maupun perusahaan dan juga mengembangkan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan.
PT. Sido muncul harus terus menjaga eksistensinya dikalangan masyarakat luas karena pangsa pasar produk ini mulai merambah untuk penjualan keluar negeri. Maka dari itu hal yang harus dilakukan oleh PT. Sido Muncul adalah secara berkesinambungan melakukan riset pasar untuk mendapatkan informasi berupa data dan fakta untuk mengetahui keinginan dan aspirasi masyarakat, melakukan perencanaan dari data-data dan fakta yang diperoleh dari dilakukannya riset pasar yang didalamnya terdapat perencanaan tujuan, identifikasi masalah, strategi pemasaran, dan lain sebagainya. Selanjutnya melaksanakan program yang telah direncanakan sebelumnya untuk diterapkan langsung dilapangan sesuai prosedur pelaksanaan yang telah ditetapkan, dan yang terakhir evaluasi dari pelaksanaan program yang telah dijalankan untuk mengatahui kendala apa saja yang timbul dan cara untuk mengatasinya maupun pembaharuan program yang telah dilaksanakan.

Sumber referensi online:
http://sidomuncul.com/index.php
http://alwalindonews.com/aksi/sidomuncul-pelopor-mudik-lebaran-sejak-1991/

No comments:

Post a Comment